5 Tips Merencanakan Liburan Bareng Teman, Pasti Berangkat!

Siapa yang sudah punya wacana liburan bareng teman, tapi gak berangkat-berangkat? Selain karena masalah uang dan waktu, faktor gak jadi berangkat bisa jadi karena kamu dan teman-teman belum memiliki kesamaan persepsi tentang liburan tersebut.

Lantaran semua orang punya opini tersendiri, akhirnya sulit menentukan tujuan liburan kalian. Ingat, koordinasi dan komunikasi adalah kunci supaya liburan ini terlaksana dengan baik.

Nah, supaya liburanmu gak sekadar wacana lagi, lima tips merencanakan liburan bareng teman di bawah ini bisa kamu coba. Dijamin pasti berangkat, deh!

1. Tentukan budget kalian masing-masing sebelum membuat rencana liburan

5 Tips Merencanakan Liburan Bareng Teman, Pasti Berangkat!

Liburan tentu butuh perencanaan biaya yang matang. Namun, kalau liburan bareng teman, kamu juga harus bisa memahami kemampuan keuangan masing-masing temanmu. Sebab, tidak semuanya sama, kan?

Oleh karena itu, pastikan dulu kamu dan teman-teman sudah menyepakati perkiraan biaya selama liburan sebelum merencanakan hal lainnya. Mulai dari harga tiket pulang-pergi, penginapan, transportasi, hingga perkiraan pengeluaran untuk makan.

Akan lebih efisien jika kalian punya “uang tengah” untuk keperluan makan, karena itu adalah pengeluaran terbesar selama liburan. Kalau urusan keuangan sudah beres, perencanaan selanjutnya pasti lancar, deh!

2. Buat daftar tujuan wisata sesuai kategorinya

5 Tips Merencanakan Liburan Bareng Teman, Pasti Berangkat!

Namanya liburan, tentu perlu tempat-tempat tujuan yang pasti, dong. Apalagi kalau bersama teman, kalian pasti punya preferensi tujuan sendiri. Supaya tidak terjadi perselisihan, sebaiknya kamu dan teman-teman membuat daftar tujuan wisatanya terlebih dulu dan sesuaikan dengan kategorinya.

Mengapa begitu? Sebab, kategorisasi ini akan memudahkan kalian menentukan prioritas tujuan. Ingat, waktu liburan kalian terbatas, jadi sangat penting untuk menentukan prioritas mau ke mana saja.

Sesuaikan juga dengan tema liburan. Misalnya, kalau mau wisata kuliner berarti perbanyak tujuan tempat makannya. Jika mau wisata alam, harus banyak pula daftar destinasi alamnya.

3. Ketika membuat itinerary, sesuaikan jarak antardestinasinya

Salah satu hal yang sering luput dalam membuat itinerary atau rangkaian perjalanan adalah tidak memperkirakan jarak antardestinasi. Hal ini akan berpengaruh pada estimasi waktu perjalanan. Jadi, ketika menyusun itinerary, kamu wajib berdiskusi dengan teman-temanmu membahas tentang jarak antardestinasinya.

Perlu kamu pahami bahwa liburan itu gak sekadar mengunjungi sana-sini. Kamu dan teman-teman pun perlu memperkirakan energi selama liburan. Pasti akan ada satu hari di mana kalian sangat lelah. Oleh karena itu, wajib hati-hati ketika menyusun itinerary, ya.

4. Jangan lupa untuk bagi tugas, ya!

5 Tips Merencanakan Liburan Bareng Teman, Pasti Berangkat!

Liburan bareng teman itu sama persis dengan kerja kelompok, harus ada kerja sama yang solid dan kompak. Sebab, kalau gak kompak, liburannya bisa kacau. Maka, untuk mengantisipasinya, kalian harus membagi peran dengan tugas tertentu agar perjalanannya lancar dan efisien.

Contohnya, pilih satu orang yang bertugas mengelola keuangan, ada yang bertugas mengurusi akomodasi dan transportasi, ada yang bertugas menentukan tempat makan, ada pula yang bertugas mengatur waktu perjalanan. Sebisa mungkin tidak ada yang gabut.

5. Pastikan anggota rombongan punya minat dan semangat liburan yang sama

5 Tips Merencanakan Liburan Bareng Teman, Pasti Berangkat!

Dalam satu lingkaran pertemanan, belum tentu masing-masing punya minat yang sama. Pula, semangat untuk berlibur akan sangat berpengaruh terhadap suasana perjalanan. Jadi, ketika merencanakan liburan, pastikan rombonganmu sudah sefrekuensi, punya minat dan antusiasme yang seragam.

Kamu tentu tidak ingin perjalanan liburanmu jadi canggung hingga berujung pertengkaran, kan? Perselisihan kecil mungkin saja terjadi saat liburan, tetapi kalau antusiasme kalian sudah sepadan, hal tersebut dapat diselesaikan dengan cepat.

Tips merencanakan liburan bareng teman di atas terlihat sederhana, ya? Namun, kalau dijalani sepertinya perlu usaha keras, lho. Nyatanya persiapan liburan sama saja seperti persiapan ujian masuk universitas: harus strategis dan terarah! Bagaimanapun, kalau benar-benar sudah niat, liburanmu dengan teman-teman gak akan cuma jadi wacana, kok. Jadi, udah siap liburan ke mana, nih?

Author: Green Gorga

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: